Khoirul Triansyah KPI A
SINEMATOGRAFI
Dosen pengampu: Hermanto, M.T.I
A.PENGERTIAN SINEMATOGRAFI
Apa itu sinematografi?
Sinematografi berasal dari bahasa yunani kinema (gerakan) atau graphein (menulis/menggambar). Jadi sinematografi adalah menulis dengan gambar bergerak.
Sinematografi, Bidang ilmu yang membahas teknik penangkapan gambar dan penggabungan gambar, sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan gagasan.
Seni dan teknologi dari fotografi yang bergerak.
B.TUJUAN SINEMATOGRAFI
Bagaimana membuat gambar bergerak?
Seperti apakah gambar-gambar bergerak itu?
Bagaimana merangkai potongan-potongan gambar yang bergerak menjadi rangkaian gambar yang mampu menyampaikan maksud tertentu atau menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan suatu ide tertentu.
C.TERMINOLOGI /ISTILAH-ISTILAH DASAR SINEMATOGRAFI
Shot, adalah unit visual terkecil berupa potongan film atau video merupakan hasil suatu pengambilan gambar.
Shot Size, mengacu pada seberapa dekat kamera ke subjek.
Ada enam shot size dasar yaitu :
Long shot / LS
Full shot
Mid shot/ MS
Close Up/ CU
Extreme close up/ ECU
D.KATEGORI FILM
- Film Cerita Pendek
- Film Cerita Panjang
- Corporate Profile Film
- Tv Commercial Film
- Iklan Layanan Masyarakat/ILM
- Film Dokumenter
- Film Cerita Pendek (Short films)
Sesuai dengan penamaannya maka film jenis ini hanya mempunyai durasi yang pendek dan biasanya dibawah 60 menit. Film-film ini biasanya dibuat untuk konsumsi layar kaca (televisi) dan tidak untuk layar lebar.
2. Film Cerita Panjang (Feature-Length Films)
2. Film Cerita Panjang (Feature-Length Films)
Jenis film ini secara umum berdurasi 90-100 menit, tetapi banyak juga yang berdurasi lebih. Film ini kebanyakan diproduksi untuk konsumsi layar lebar.
Film ini bersifat pada kepentingan suatu institusi atau perusahaan yang diproduksi sebagai bagian dari alat promosi. Film ini dibuat untuk menggambarkan suatu ‘keberadaan’ dari usaha , pekerjaan, aktifitas yang terdapat pada suatu institusi atau perusahaan, yang dapat digunakan sebagai media presentasi maupun publisitas sekaligus promosi yang diarahkan untuk meningkatkan citra atau image perusahaan atau institusi.
Film ini mempunyai durasi sangat singkat dan tidak lebih dari 5 menit (biasanya antara 15 detik sampai 1 menit)... Film iklan adalah film yang dibuat untuk ‘menjual’ atau mempromosikan suatu komoditi atau propaganda yang menginginkan adanya feed back terhadap informasi yang disampaikan, baik membeli, menggunakan, atau mengikuti saran dan pesan yang disampaikan.
Film ini hampir sama durasi tayangnya dengan TVC, hanya saja tujuan dari pembuatan film ini tidak bersifat komersial, melainkan sosial, yakni lebih banyak untuk mengajak audiens mengikuti saran atau pesan yang disampaikan oleh suatu institusi atau organisasi tertentu. Film ini lebih bersifat himbauan atau ajakan sosial untuk kebaikan bersama.
Film dokumenter pada dasarnya adalah ‘realita’ sebagai lawan dari ‘fictional events’ yang tidak didasarkan pada kenyataan atau keyakinan bahwa peristiwa atau situasi tersebut sungguh-sungguh terjadi atau ada.
Comments
Post a Comment